Cara Menghapus Watermark Test Mode di Windows

Pengalaman saya menggunakan Windows, dari mulai Windows XP, hingga Windows 10, baru kali ini saya mengalami Test Mode pada laptop saya. Selama menggunakan Microsoft Windows, saya hanya familiar dengan istilah Safe Mode, karena saya sering menggunakan mode ini untuk mengatasi hal-hal tertentu jika pada Normal Mode masalah tidak teratasi, seperti misalnya pada saat komputer terkena virus.

Lantas apa itu Test Mode di Windows?

TESTSIGNING boot boot configurationi menentukan apakah Windows 7 atau Vista akan memuat jenis test-signed kernel-mode code. Opsi ini tidak disetel secara default, yang berarti driver test-signed kernel-mode tidak akan dimuat secara default pada Windows 7 versi 64-bit dan versi Windows yang lebih baru.

Untuk versi 64-bit Windows 10/8/7/Vista kebijakan penandatanganan kode mode-kernel mensyaratkan bahwa semua kode mode-kernel memiliki tanda tangan digital (digital signature). Namun, dalam banyak kasus, driver yang tidak ditandatangani dapat di-instal dan dimuat pada Windows 7 versi 32-bit dan versi Windows yang lebih baru.

Cara Menghapus Watermark Test Mode di Windows

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan TESTSIGNING Boot Melalui Perintah BCDEdit.

Untuk mengaktifkan test-signing, gunakan perintah BCDEdit berikut:
Bcdedit.exe -set TESTSIGNING ON
Untuk menonaktifkan test-signing, gunakan perintah BCDEdit berikut:
Bcdedit.exe -set TESTSIGNING OFF
Untuk dapat menggunakan BCDEdit, Anda harus menjadi anggota grup Administrator pada sistem dan menjalankan perintah dari command promp Administrator.

Untuk membuka jendela Command Prompt Admistrator, buat shorcut di desktop ke Cmd.exe, klik kanan pintasan Cmd.exe tersebut, lalu pilih Run as administrator. Cara membuka command administrator pada Windows 10 adalah: klik ikon Search, lalu tuliskan cmd, klik kanan pada tulisan Command Promt kemudian pilih Run as Administrator.


Cara Menghapus Watermark Test Mode di Windows

Jika karena alasan yang tidak Anda ketahui, Anda bisa melihat Test Mode pada bagian kanan bawah desktop Windows Anda, seperti yang saya alami pada Windows 10 yang saya gunakan saat ini, Anda mungkin harus mengaktifkan kembali pengecekan driver terlebih dahulu. Buka Command Prompt sebagai Administrator dan masukkan perintah berikut:
bcdedit.exe -set loadoptions ENABLE_INTEGRITY_CHECKS
Tekan Enter. Lalu ketik:
bcdedit.exe -set TESTSIGNING OFF
Tekan Enter.

Setelah itu restart komputer Anda. Jangan lupa sebelum restart, simpan terlebih dahulu hasil pekerjaan Anda agar tidak hilang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel