Tips Praktis Membeli Laptop Baru Untuk Pemula

Membeli laptop baru itu gampang-gampang susah, apalagi jika Anda belum terbiasa menggunakan laptop, tentu banyak sekali yang harus diketahui sebelum memutuskan membelinya. Tips praktis membeli laptop baru untuk pemula berikut ini mungkin bisa sedikit membantu Anda dalam memilih laptop yang tepat bagi Anda.

Akhir-akhir ini begitu banyak laptop baru degan teknologi terkini telah memasuki pasaran. Dengan processor Intel Core i3, sampai Core i7. Ada juga laptop dengan processor AMD Ryzen 3, AMD Ryzen 5, dan seterusnya.

Belum lagi istilah Grafik card yang digunakan seperti Nvidia GeForce dengan berbagai type, Leadtek Geforce GTX. MSI Geoforce dan lain sebagainya. Semuanya bisa sangat membingungkan, apalagi jika Anda baru pertama kali membeli laptop.

Hampir setiap tahun ada saja teknologi baru yang disematkan pada sebuah laptop. Oleh karena itu, yang perlu Anda ingat saat membeli laptop adalah untuk apa laptop tersebut Anda beli. Jika hanya membeli laptop untuk kebutuhan atau pekerjaan yang ringan seperti pekerja kantoran, tentu Anda tidak perlu memilih laptop dengan spesifikasi terlalu tinggi.

Lain halnya jika Anda membeli laptop untuk keperluan mengolah graphic atau foto, sudah barang tentu Anda membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari sekedar untuk pekerjaan ringan, seperti mengetik dan mengolah data ringan.

Tips Praktis Membeli Laptop Baru Untuk Pemula

Begitu juga jika Anda hanya ingin laptop untuk browsing web sederhana dan mengirim email, laptop yang dibuat lima tahun lalu pun bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan baik dan biaya yang jauh lebih ringan.

Jadi, laptop seperti apa yang sesuai untuk Anda?

Apakah Anda memerlukan laptop portable yang ringan untuk bisnis, atau laptop yang bisa dibawa dalam perjalanan atau rapat?

Atau Anda hanya ingin komputer pengganti PC desktop di rumah Anda, sehingga dapat dengan mudah dibawa bepergian?

Jawaban Anda akan sangat menentukan jenis laptop mana yang harus Anda beli.

Tips Praktis Membeli Laptop Baru Untuk Pemula

Beberapa hal yang perlu diketahui sebelum Anda membeli laptop baru

RAM

RAM atau Random Access Memory adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli laptop Anda atau komputer apa pun.

RAM akan sangat menentukan kecepatan laptop atau komputer Anda. Seberapa cepat akan memproses tugas dan grafik Anda.

Laptop yang dijual di pasaran saat ini, memiliki RAM paling sedikit sebesar 2GB. Umumnya laptop baru tersebut telah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10.

Jika Anda hanya ingin menggunakan laptop untuk pekerjaan-pekerjaan ringan, maka laptop dengan RAM 2 GB sudah cukup. Namun jika dalam pekerjaan Anda banyak membuka aplikasi dalam waktu yang bersamaan, maka sebaiknya pilih laptop dengan RAM 4 GB atau lebih.

Pastikan bahwa RAM pada laptop pilihan Anda dapat di upgrade, agar ketika Anda membutuhkan lebih banyak RAM pada laptop Anda, maka Anda tinggal menambahnya saja di kemudian hari.

Prosesor

Prosesor merupakan otak dari sebuah komputer. Pada saat membeli laptop baru, prosesor-nya pun harus diperhitungkan.

Jika kebutuhan Anda hanyalah sekedar mengerjakan tugas ringan, maka prosesor Dual Core, atau Core i3 sudah lebih dari cukup.

Namun jika Anda akan menggunakan laptop untuk mengerjakan pekerjaan berat seperti mengedit  video, desain grafis, atau bermain game, maka pastikan laptop yang Anda pilih memiliki prosesor i5 atau i7.

Media Penyimpanan (Hard Disk)

Media penyimpanan pada laptop yang umum kita kenal adalah hard disk (HDD). Namun belakangan ini sudah mulai banyak laptop dengan media penyimpanan berupa SSD (Solid State Disk) sebagai pengganti hard disk.

Jika dibandingkan dengan hard disk, SSD memiliki banyak keunggulan.

Diantara keunggulan SSD adalah kecepatan read and write SSD jauh lebih cepat dibandingkan HDD. Sehingga, pada saat proses transfer file, pencarian file, atau saat membuka aplikasi/program berat, SSD jauh lebih cepat dibandingkan HDD.

Selain dari itu, waktu booting windows yang menggunakan SSD jauh lebih cepat dibandingkan dengan laptop yang menggunakan HDD.

Jadi, jika Anda menginginkan akses data yang cepat, maka pilihlah laptop dengan media penyimpanan SSD.

Namun sayangnya, harga SSD lebih mahal dibandingkan HDD, sehingga Anda harus membayar lebih mahal untuk kapasitas yang sama jika tidak menggunakan hard disk konvensional.

Berat atau Ukuran

Mungkin alasan utama Anda untuk membeli laptop adalah ukuran atau beratnya, sehingga mudah dibawa kemana pun. Jika tidak, maka lebih baik Anda membeli komputer desktop.

Laptop adalah sebuah komputer portable, sehingga Anda bisa membawanya ke mana saja. Ini sangat ideal untuk membawa data pekerjaan Anda ke mana pun Anda mau. Portabilitas inilah fitur dan kelebihan utama sebuah laptop.

Jadi, pilihlah laptop ukuran yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. misalnya, jika menginginkan laptop yang lebih ringan, maka pilihlah laptop yang menggunakan penyimpanan SSD dan tidak memiliki DVD ROM internal.


Itulah tadi Tips Praktis Membeli Laptop Baru Untuk Pemula. Poin-poin yang saya sebutkan di atas, adalah poin yang paling utama untuk diperhatikan. Selain dari poin diatas, yang perlu jadi pertimbangan tambahan antara lain, merek, kapasitas dan daya tahan baterai, kelengkapan konektivitas, dan lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel